Nama Mahasiswa :
BINA
HATI HAREFA (161510036)
Nama Dosen :
Erlin Elisa, S.Kom., M.Kom.
|
TUGAS MANDIRI
REKAYASA
PERANGKAT LUNAK
DESIGN SYSTEM
PROGRAM STUDI
Sistem Informasi
Fakultas
Teknik dan Komputer
UNIVERSITAS PUTERA BATAM
2018
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat
serta karunia-Nya sehingga kami berhasil menyelesaikan makalah ini yang
alhamdulillah tepat pada waktunya yang makalah yang membahas “Rekayasa
Perangkat Lunak”. Makalah ini berisikan tentang yang awal yang bermunculan dengan
pengertian dimana khususnya membahas
“Rekayasa Perangkat Lunak”yang digunakan sangat luas dan berbagai forum publik
lainnya. Diharapkan makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua
tentang “Rekayasa PerangkatLunak”.Saya menyadari bahwa makalah ini masih
jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari
semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan
makalah ini.Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang
telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir.
Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.
18 Juni 218
Penyusun
BINA HATI HAREFA
DAFTAR ISI
Kata
Pengantar.................................................................................................................... 1
1. BAB I....................................................................................................................... 4
PENDAHULUAN................................................................................................................ 4
1.1 Latar Belakang............................................................................................................ 4
1.2 Tujuan............................................................................................................................ 4
2. BAB II...................................................................................................................... 5
ISI........................................................................................................................................ 5
2.1 Analisa Sistem................................................................................................................ 5
2.2 Desain Sistem................................................................................................................. 5
2.2.1 Tujuan Desain Sistem.................................................................................................. 6
2.3 Tekanan- Tekanan Desain Sistem................................................................................... 7
2.5 Design Sistem dengan Contoh Studi Kasus Pada Hotel Formosa Batam........................ 9
2.2.1 Analisis Design............................................................................................................ 9
2.2.2 Desain Penelitian......................................................................................................... 9
2.2.3 Desain......................................................................................................................... 9
2.2.4 Pengodean 10
2.2.5 Pengujian..................................................................................................................... 10
Tabel 2.2.1 Tabel Pengujian (Black Box Testing)................................................................... 10
2.2.6 Maintenance................................................................................................................ 12
2.3 Teknik Desain Sistem Secara Umum.............................................................................. 12
2.3.1 PROSES DESIGN........................................................................................................ 12
2.3.2 DESIGN DAN KUALITAS SISTEM........................................................................... 12
2.3.3 EVALUASI DESIGN PERANGKAT LUNAK............................................................ 13
2.3.4 PRINSIP DESIGN....................................................................................................... 13
2.3.5 KONSEP DESIGN SISTEM......................................................................................... 14
2.3.5 KONSEP DESIGN SISTEM......................................................................................... 14
2.3.6 Abstrak....................................................................................................................... 15
2.3.7 PENYARINGAN......................................................................................................... 15
2.3.8 MODULARITAS......................................................................................................... 16
2.3.8 Gambar....................................................................................................................... 16
2.3.9 Gambar....................................................................................................................... 17
2.3.10 ARSTEKTUR PERANGKAT LUNAK...................................................................... 18
2.3.11 Gambar..................................................................................................................... 18
2.3.12 Hirarki control........................................................................................................... 19
2.3.13 PARTISI STRUKTURAL.......................................................................................... 19
2.3.14 STRUKTUR DATA................................................................................................... 19
2.3.15 PROSEDUR PERANGKAT LUNAK........................................................................ 19
2.4.1 MODEL DESIGN........................................................................................................ 20
2.4.2 DOKUMENTASI DESIGN.......................................................................................... 20
TABEL :.............................................................................................................................. 10
Tabel 2.2.1
Tabel Pengujian (Black Box Testing).................................................................. 10
GAMBAR
:.......................................................................................................................... 16
2.3.8 Gambar....................................................................................................................... 16
2.3.9 Gambar....................................................................................................................... 17
2.3.11 Gambar..................................................................................................................... 18
3. BAB III.................................................................................................................... 21
PENUTUP............................................................................................................................ 21
3.1 KESIMPULAN............................................................................................................ 21
3.2 SARAN......................................................................................................................... 21
Daftar Pustaka..................................................................................................................... 22
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Setelah tahap analisis
sistem selesai dilakukan, maka analis sistem telah mendapatkan gambaran dengan
jelas apa yang harus dikerjakan. Tiba waktunya sekarang bagi analis sistem
untuk memikirkan bagaimana membentuk sistem tersebut. Tahap ini disebut dengan
desain sistem (systems design). Desain sistem dapat dibagi dalam dua bagian,
yaitu desain sistem secara umum (general systems design) dan desain sistem
terinci (detailed systems design) desain sistem secara umum disebut juga dengan
desain secara makro (macro design). Desain sistem terinci disebut juga dengan
desain sistem secara phisik (physical system design) atau desain internal
(internal design).
1.2 Tujuan
1. Untuk mengetahui definisi desain Sistem
2. Untuk mengetahui pendekatan desain sistem
3. Mengetahui desain sistem untuk mengitegrasikan perangkat lunak
BAB II
ISI
2.1 Analisa Sistem
Analisis sistem ialah penjabaran dari suatu sistem
informasi yang utuh ke dalam berbagai bagian komponennya dengan maksud agar
bisa mengidentifikasi dan mengevaluasi berbagai macam masalah atau hambatan
yang timbul pada sistem sehingga nantinya bisa dilakukan penanggulangan,
perbaikan dan juga pengembangan.
Lalu orang yang atau kelompok yang melakukan perbaikan
atau perancangan suatu sistem dinamakan dengan sistem analis. Sistem analis
adalah orang atau kelompok yang melaksanakan pengembangan sistem. Sistem analis
menekuni permasalah ataupun kebutuhan pada suatu sistem dan sistem analis juga
merupakan orang yang bertanggung jawab atas terjadinya proses analisa ataupun
perancangan pada sistem informasi
Analisa sistem dilakukan dengan sasaran sebagai berikut :
-
Mengidentifikasi kebutuhan pelanggan
-
Mengevaluasi konsep sistem untuk feasibilitas
-
Melakukan analisis teknis dan ekonomis
-
Mengalokasikan fungsi-fungsi untuk perangkat keras, perangkat lunak,
manusia, database, dan elemen sistem yang lain
-
Membuat batasan biaya dan jadwal
-
Menciptakan definisi sistem yang membentuk pondasi bagi semua kerja
rekayasa perangkat subsekuen.
Baik keahlian perangkat
keras maupun perangkat lunak (juga rekayasa manusia dan database) diperlukan
agar sukses mencapai sasaran tersebut.
2.2 Desain Sistem
Desain atau perancangan dalam perangkat lunak
merupakan upaya untuk mengkonstruksi sebuah system yang memberikan keputusan
(mungkin informal) akan spesifikasi kebutuhan fungsional , memenuhi target,
memenuhi kebutuhan secara implisit atau eksplisit dari segi performansi maupun
penggunaan sumber daya , kepuasan batasan pada proses desain dari segi biaya,
waktu, dan perangkat. Kualitas perangkat lunak biasanya dinilai dari segi kepuasan
pengguna perangkat lunak terhadap perangkat lunak yang dibutuhkan.
Dari sekian banyak yang memberikan pengertian mengenai
arti desain system, akhirnya
desain
system dapat diartikan sebagai berikut:
1. Tahap setelah analisis
dari siklus pengembangan system
2. Pendefinisian dari
kebutuhan-kebutuhan fungsional
3. Persiapan untuk rancang
bangun implentasi
4. Menggambarkan bagaimana
suatu system dibentuk
5. Sistem dibentuk dapat
berupa penggambaran,perencanaan, dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari
beberapa elemen yang terpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi
6. Termasuk menyangkut
mengkonfigurasi dari komponen-komponen perangkat lunak
dan perangkat keras dari
suatu system
2.3 Tujuan Desain Sistem
Tahap desain system mempunyai dua maksud atau
tujuan utama, yaitu sebagai berikut :
1. Untuk memenuhi kebutuhan
kepada pemakai system
2. Untuk memberikan gambaran
yang jelas dan rancang bangun yang lengkap kepada pemrogram computer dan
ahli-ahli teknik lainnya yang terlibat.
Tujuan kedua ini lebih condong pada desain system yang
terinci, yaitu pembuatan rancang bangun yang jelas dan lengkap yang nantinya digunakan
untuk pembuatan program komputernya. Untuk mencapai tujuan ini, analisis system
harus dapat mencapai sasaran-sasaran sebagai berikut :
1. Desain system harus
berguna, mudah dipahami dan nantinya mudah digunakan. ini berarti bahwa data
harus mudah ditangkap, metode-metode harus mudah diterapkan dan informasi harus
mudah dihasilkan serta mudah dipahami dan digunakan.
2. Desain system harus
mendukung tujuan utama perusahaan sesuai dengan yang didefinisikan pada tahap
perencanaan system yang dilanjutkan pada tahap analisis system.
3. Desain system harus
efisien dan efektif untuk dapat mendukung pengolahan transaksi, pelaporan
manajemen dan mendukung keputusan yang akan dilakukan oleh manajemen, termasuk
tugas-tugas yang lainnya yang tidak dilakukan oleh komputer.
2.4 Tekanan- Tekanan Desain Sistem
Menuru (Robert A, 1983) tekanan-tekanan desain (desigtfto rces) adalah tekanan-tekanan (forces) yang harus dipertimbangkan dalam mendesain suatu sistem informasi supaya dapat mengena sasarannya. Supaya sukses , harus mempertimbingkan design forces yang ada dan bagaimana
tckanan-tekanan ini mempengaruhi proyek sistem informasi. Perancang sistsm informasi juga harus
memperhatikan sejumlah design forces yang mempengaruhi kerjanya, yaitu:
-
Integritas
-
Jalur pemakai/sistem
-
Tekanan persaingan
-
Kualitas dan kegunaan informasi
-
Kebutuhan-kebutuhan sistem
-
Faktor-faktor manusia
Ø Integritas
Sistem
informasi harus didesain terpadu diantara unit-unit di dalam organisasi. Suatu sistem informasi yang ada di antara unit-unit organisasi
atau departemen-departemen harus dapat berhubungan dan
berkomunikasi dengan baik. Teknologi
komunikasi data dapat diterapkan untuk maksud integrasi ini. Integrasi akan meningkatkan kebutuhan dari koordinasi dan sinkronisasi dari operasi di dalam organisasi integrasi ini perlu, karena organisasi harus
dipandang sebagai satu
kesatuan unit sistem. Sasaran dari sistem informasi adalah untuk menyediakan informasi multilevel, cross-functional, tepat waktu,
akurat, relevan kepada semua komponen organisasi. Oleh karena itu, sistem
informasi yang terpadu
perlu dirancnng di dalam organisasi.
Ø Jalur Pemakai/sitem
Sistem
informasi berbasis komputer semakin melibatkan interaksi langsung antara manusia sebagai pemakai sistem dengan mesin. Elemen yang kritis dari desain sistem ini adalah jalur pemakai . Jalur ini terdiri dari layar terminal, keyboard, alat-alat lainnya, bahasa komputer dan cara-cara
lain supaya user dapat bertukar input dan output dengan
mesin. Oleh sebab itu jalur pemakai perlu diperhatikan saat mendesain sistem.
Ø Tantangan Persaingan
Sekarang ini
organisasi telah masuk kedalam era persaingan yang tajam. organisasi yang ingin
bertahan dan sekaligus berkembang di masa mendatang harus memikirkan persaingan
ini. Informasi merupakan salah satu senjata yang dapat membantu organisasi
untuk bersaing. Desain dari sistem informasi harus mempertimbangkan
lingkungan-lingkungan persaingan yang ada.
Ø Kualitas dan kegunaan Informasi
Sistem
informasi harus dapat menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu tepat pada
waktunya. Tepat nilainya dan relevan. Untuk dapat menghasilkan hal ini, maka
informasi tersebut haruslah berguna bagi yang akan memakainya.
Ø Kebutuhan Sistem
Kebutuhan-kebutuhan
sistem yang harus diperhatikan dalam mendsain sistem informasi adalah kendala,
ketersediaa, keluwesan, skedul instalasi, umur diharapkan dan potensi
pertumbuhan dan kemudahan dipelihara.
Ø Faktor-faktor manusia
Analis sistem
harus mencoba untuk dapat mendesain sistem yang dapat diterima oleh semua
pemakainya, tidak hanya satu atau dua orang pemakai saja. Untuk maksud ini ,
sistem informasi harus dapat bersahabat dengan semua pemakainya, tidak
sebaliknya menyulitkan pemakai.
2.5 Design Sistem dengan Contoh Studi Kasus Pada Hotel Formosa Batam
2.2.1 Desain Penelitian
Penelitian ini
merancang dan membangun sistem informasi inventaris barang pada Hotel Formosa menggunakan metode waterfall. Pada model ini terdapat beberapa proses yang akan
dilakukan dalam perancangan sebuah sistem. Berikut tahapan–tahapan dalam proses
perancangan.
2.2.2 Analisis
Pada tahap ini
peneliti melakukan observasi pada Hotel Formosa Batam guna mendapatkan gambaran
awal mengenai proses pengelolaan aset. Peneliti juga melakukan wawancara dengan
manajer Housekeeping di Hotel Formosa
Batam guna mendapatkan apa yang menjadi kebutuhan user, dan melengkapi hasil pengamatan yang diperoleh dari metode
observasi. Selain itu, peneliti
melakukan studi pustaka sebagai landasan teori dan penunjang terhadap proses
pemecahan masalah yang dihadapi.
Setelah melakukan
observasi, selanjutnya peneliti melakukan pemahaman terhadap segala
permasalahan yang muncul, dalam tahap ini peneliti menggunakan:
1.
Metode SWOT (Strenght,
Weakness, Opportunity, Threats) untuk menganilisis berbagai hal baik secara
internal maupun eksternal yang mempengaruhi keempat faktor tersebut pada sistem
yang sedang berjalan;
2.
Flowchart diagram untuk menggambarkan
aliran sistem informasi yang sedang berjalan.
Setelah tahapan tersebut,
peneliti mendeskripsikan permasalahan yang sedang dihadapi pada sistem
inventaris aset yang sedang berjalan dan memberikan usulan pemecahan masalah
yang sedang dihadapi;
2.2.3 Desain
Pada tahap ini, peneliti melakukan desain sistem dengan
metode perancangan
berorientasi objek menggunakan tools UML
(Unified Modelling Language). Adapaun beberapa desain yang akan
dibuat, yaitu:
1.
Desain aliran sistem informasi yang baru;
2.
Desain alur data program menggunakan tools UML (Unified Modelling
Language), yaitu Use Case Diagram, Sequence Diagram, Activity
Diagram dan Class Diagram;
3.
Desain perancangan database;
4.
Desain tampilan program;
5.
Desain laporan.
2.2.4 Pengodean
Setelah proses desain selesai dilakukan, kemudian peneliti
akan mengimplementasikan desain sistem ke situasi nyata, yaitu melakukan
pengkodean dengan menggunakan bantuan tools
adobe dreamweaver CS6 dengan Bahasa pemrograman seperti, HTML, PHP, CSS,
jQuery, Javascript, Bootstrap, dan MySQL sebagai database-nya.
2.2.5 Pengujian
Setelah melakukan
tahap pengodean, selanjutnya peneliti melakukan pengujian dengan menggunakan black box testing, untuk mengetahui
apakah fungsi–fungsi, masukan, dan keluaran dari perangkat lunak sesuai dengan
spesifikasi yang dibutuhkan. Jika belum, proses selanjutnya bersifat iteratif,
yaitu kembali ke tahap analisis. Berikut beberapa hal yang akan di uji pada
pembuatan program inventaris barang pada Hotel Formosa Batam, yaitu pada tabel 2.4.:
No.
|
Rancangan Proses
|
Hasil yang Diharapkan
|
Hasil
|
Tester
|
1.
|
Mengisi Form Login
dan Klik Tombol Login
|
Masuk Halaman Utama
|
Berhasil
|
EDP Staff
|
2.
|
Mengisi Data Jenis Aset dan Klik Tombol Simpan
|
Data Jenis Aset Tersimpan Kedalam Database
|
Berhasil
|
Manajer
|
3.
|
Mengisi Data Golongan Aset dan Klik Tombol Simpan
|
Data Golongan Aset Tersimpan Kedalam Database
|
Berhasil
|
Manajer
|
4.
|
Mengisi Data Subgolongan Aset dan Klik Tombol
Simpan
|
Data Sub Golongan Tersimpan Kedalam Database
|
Berhasil
|
Manajer
|
5.
|
Mengisi Data Aset dan Klik Tombol Simpan
|
Data Aset Tersimpan Kedalam Database
|
Berhasil
|
EDP Staff
|
6.
|
Mengisi Data Departemen dan Klik Tombol Simpan
|
Data Departemen Tersimpan Kedalam Database
|
Berhasil
|
EDP Staff
|
7
|
Mengisi Data Ruangan dan Klik Tombol Simpan
|
Data Ruangan Tersimpan Kedalam Database
|
Berhasil
|
EDP Staff
|
8.
|
Mengisi Data Unit Kerja dan Klik Tombol Simpan
|
Data Ruangan Tersimpan Kedalam Database
|
Berhasil
|
EDP Staff
|
9.
|
Mengisi Data Pengadaan Aset dan Klik Tombol
Simpan
|
Data Pengadaan Aset Tersimpan Kedalam Database
|
Berhasil
|
EDP Staff
|
10.
|
Mengisi Data Inventarisasi Aset dan Klik Tombol
Simpan
|
Data Inventarisasi Tersimpan Kedalam Database
|
Berhasil
|
EDP Staff
|
11.
|
Mengubah Data Status Aset dan Klik Tombol Simpan
|
Data Status Aset Tersimpan Kedalam Database
|
Berhasil
|
Manajer
|
12.
|
Mengunduh Laporan Data Aset
|
Laporan Data Aset Terunduh
|
Berhasil
|
EDP Staff
|
13.
|
Mengunduh Laporan Data Pengadaan Aset
|
Laporan Data Pengadaan Aset Terunduh
|
Berhasil
|
Manajer
|
14.
|
Mengunduh Laporan Data Inventarisasi
|
Laporan Data Inventarisasi Terunduh
|
Berhasil
|
Manajer
|
2.2.6 Maintenance
Sistem informasi
inventaris barang yang sudah dibuat nantinya akan dilakukan pemeliharaan secara
berkala demi menjaga sistem agar selalu sesuai dengan apa yang diharapkan oleh user, dan menjaga dari hal yang tidak
diinginkan, seperti kerusakan sistem di akibatkan kegagalan sistem atau hal
lainnya. Jika tahap pengujian sudah dilakukan, selanjutnya melakukan
pengoperasian sistem, dan jika diperlukan, melakukan perbaikan–perbaikan kecil.
2.3 Teknik Desain Sistem Secara Umum
Design adalah langkah pertama
dalam fase produk sistemn yang akan di bangun dan di rekayasa nantinya.
Tujuannya adalah untuk menghasilkan suatu model atau reppretasi dari entitas
yang kemudian akan di bangun. Proses di mana model di kemabangkan menggabungkan intuisi dan
penilaian berdasarkan pengalaman dalam membangun entitas yang sama, serangkai
prinsip dan atau heuristikyang menuntun cara model di mana serangkaian kriteria
yang mengmungkikan, penilaian terhadap kualitas, dan suatu proses interasi yang
membawa kepada suatu representasi design akhirnya.
Tujuannya adalah untuk menciptakan
sistem perangkat lunak yang bagus dan sesuai permitaan user, dan serta rasa
kekecewaan klien yang sebelumnya
dengan sistem yang sudah ada bisa teratasi dengan baik. Untuk itu, pelanggan
harus menikamati hasil buatan kita yang sangat istimewa, yaitu sistem yang kita
buat agar dapat di pahami dengan baik dan mudah di pelajari, gampang di pahami
sedetail mungkin.
2.3.1 PROSES DESIGN
Design perangkat lunak
(sistem) adalah suatu proses interatif yang melaluinnya persyaratan yang
di terjemahkan kedalam suatu bahasa
“Cetak Bru” untuk membangun sistem . cara tingkat spesifikasinya dapat langsung di telusuri sampai data
speksifit, fingsional, dan persyaratan behavioral.
2.3.2 DESIGN DAN KUALITAS SISTEM
Sepajang proses design
yang melengkapi di nilai dengan serangkain kajian teknik formal atau design
awal yang di bahas pada pembahasan sebelumnya.
a.
Design harus memplementasikan
keseluruhan persyaratan eksplisit yang di bebankan kedalam model analisis, dan
harus mengakomodasi semua persyaratan implisit yang di ingikan pelanggan.
b.
Design harus menjadi panduan
yang dapat di baca, dapat di pahami bagi mereka yang memahami code dan yang
melihat serta melakukan pengjian secara detail dan terpercaya.
c.
Design harus memberikan suatu
gambaran lengkap mengenai perangkat lunak, yang menenkankan data, dan domain
perilaku dan perspektif implementasi.
d.
Masing-masing karakteristik
merupaka sasaeran dari proses design. Tetapiu bagai mana masing-masing sasaran
tersebut di capai.
Untuk mengevaluasi kualiatas represtasi
design sistem yang baik dan benar hingga mencapai kualitas yang lebih tinggi
dan sangat memadai kegunaannya, sebagai berikut :
a.
Design sistem harus memperhatikan
suatu organisasi hirarki dengan baik mnggunakan control agar elemen-elemen
perangkat lunak.
b.
Design harus modular bahwa
design sistem harus dipartisi secara logika dengan elemen-elemen yang melakukan
fungsi dan subfungsikhusus.
c.
Design harus berisi data yang akurat
d.
Design harus membawa kearah
modul atau yang memperlihatkan karakritik fungsional independen.
e.
Design harus mengarah kepada
interface yang mengurangi kompleksitas hubungan anatara modul-modul dan dengan
lingkungan eksternal.
f.
Design harus di dapat dengan
metode berulang dengan di kendalikan oelh informasi yang di peroleh selam
analisis peryaratan perangkat lunak.
2.3.3 EVALUASI DESIGN PERANGKAT LUNAK
Evolusi design sistem
perangkat lunak suatu proses kontinyu yang terus berlangsung selam tiga decade.
Tanpa memperhatikan metode design yang di pakai, perekayasa perangkat lunak
harus mengaplikasikan serangkaian prinsip dasar dan konsep selanjudnnya.
2.3.4 PRINSIP DESIGN
Design perangkat lunak
merupakan proses dan model yaitu serangkaian langkah interatif yang
memungkinkan ssistem menggambarkan semua aspek perangkat lunak yang kan di
bangun. Tetapi perlu di catat bahwa proses design tidak sesederhana memasak
makan. Gampang dan mudah di nmakan dengan baik, dan terpercaya mungkin.
Prinsip-prinsip design sistem adalah sebagai
berikut :
·
Proses design tidak menderita
karena tunnel visio, design yang baik haarus memperhatikan pendekatan
alternative dan menilai masing-masing pendekatan berdasarkan persyaratan
masalah sumber daya yang ada untuk
melakukanpekerja, serta konsep design yang di sajikan.
·
Design ahrus dapat di telusuri
sampai model analisis, karena suatu emen tunggal dari modrel design sampai
persyaratan bertingkat.
·
Design tidak boleh
berulang-ulang degan menggunakan serangkaian pola design daan komponen design
rousable harus selalu di pilih sebagai alternative untuk menciptakan kembali.
·
Design harus meminimalkan
kesenjangan intelektual, di anatara perangkat lunak dan masalah yang ada di
dunia nyata. Ini menyatakan bahwa struktur design perangkat lunak yang harus
menerima stuktur domail permasalahan.
·
Design harus mengungkap
keseragaman dan interasi.
·
Design sistem harus terstruktur
untuk mengakomodasi perusahaan.
·
Design sistem harus bergrdasi
dengan baik, bahkan pada saat data dan
event-event menyimpang atau menghadapi kondisi operasi.
2.3.5 KONSEP DESIGN SISTEM
Serangkaian konsep design sistem perangkat lunak fundalmental telah
berkembang pada tiga decade terakhir. Meskipun tingkat minat pada setiap konsep
berfariasi selam bertahun-tahun, masing-masing minat mengalami ujian waktu dan
memmberikan pada design sitem perangkat lunak suatu pondasi yang laluinya
metode design yang menandai dapat di aplikasikan. Minat membatu perekayasa perangkat lunak
untuk menjawab pertanyaan pertanyaan berikut.
1.
Kriteria yang dapat di gunakan
untuk mempartisi perangkat lunak kedalam komponen individual
2.
Adakah kriteria yang seragam
menentukan kualitas teknit suatu design perangkat lunak.???
3.
Adakah jriteria yang seragam
yang menentukan kualitas teknis suatu design perangkat lu8nak?
2.3.6 ABSTRAK
Pada saat
kita mempertimbangkan solusi modular terhadap setiap masalah, banyak tingkat
abstraksi yang dapat di peroleh. Pada tinggkat abstraksi tertinggi solusi di
nyatakan dalam istilah yang luas dengan menggunakan bahasa lingkungan
permasalahan. Setiap langkah dalam proses perangkat lunak merupakan suatu
penyaringan dalam tingkat abstraksi solusi perangkat lunak. Selam rekayasa
sistem, perangkat lunak di alokasikan sebagai sistem berbasis computer. Yang
familiar dalam lingkungan permasalahan
ika kita bergerak melalui proses design, maka tingkat abstraksi
berkuran. Akhirnya, tingkat abstraksi terendah di capai pada saat code di
munculkan.
Sejumlah bahasa pemrograman seperti (MODULA, CLU) memberi
mekanisme untuk membuata berbagai tipe data abstrak. Sebagai contoh : package
adalah mekanisme bahasa pemrograman yang mendukung baik abstrak data maupun
procedural. Abstrak control adalah bentuk ketiga dari abstraksi yang di pakai
dalam design perangkat lunak. Seperti abstrak procedural dan data, abstraksi
control mengimplikasikan suatu mekanisme control program tanpa menentukan detil
internal.
2.3.7 PENYARINGAN
Penyaringan
stepwise (dengan serangkaian langkah) adalah strategi design stop-donw yang di
ususlkan oleh Fiklaus Wirt. Arstektur program yang di urutkan nyaring tingkat
detil procedural. Suatu hirarki di kembangkan dengan mendekoposisi suatu
stepmen Makroskopik suatu fungsi (abstraksi) dalam cara stepwise sampai
stemen-steman bahsa pemrograman tercapai. Jiaka tugas disaring, maka data harus
disaring juga,didekomposisi, atau distruktur, dan adalah wajar untuk menyaring
program dan spesifikasi data secara paralel. Proses penyaringan program yang di
usulkan Wirt Analog denagn proses penyaringan dan partisi yang di gunakan
selama analisis persyaratan, bedanya yang di perhatikan, adalah tingkat
implementasi detil, bukan pada pendek katanya.
Penyaringfan
sebenarnya adalah proses elaborasi. Kita mulai dengan suatu statemen
fungsi(deskrip informasi) yang ditetapkan pada suatu tingkat abtraksi yang
tinggi. Statemen fungsi adalah yang menggambarkan fungsi atau8 informasi secara
konseptual, tetapi tidak memberi informasi mengenai kerjainternal dan fungsi
atau struktur internal dan informasi. Penyaringan membuat design sistem
programmer berelaborasi pada statemen orizinal, yang memberikan detail yang
lebih banyak lagi pada saat setiap penyaringan. Abstrak dan penyaringan adalah
konsep komplemeter. Abstraksi memungkikan design sistem menentukan prosedur dan
data yang lebih menekan detail tingkah rendah. Penyaringan membantu design
sistem, untuk mengungkap dan menciptakan suatu model design dengan baik yang
sesuai permitaan komponen tertentu.
2.3.8 MODULARITAS
Konsep
modularitas dalam perangkat lunak computer telah di dukung selam empat decade.
Arstetur perangkat lunak yang di jelaska sebelumnya , memasukan
modularitas,
dimana sistem perangkat lunak di bagi kedalam beberapa komponen yang dapat di
pisahkan. MODULARITAS adalah atribut tunggal dari
perangkat
lunak yang mungkin sebuah program yang dapat di kelolah secara intelectual.
Perangkat lunak monolirik atau yang di sebut dengan program besar yang terdiri
dari modul tunggal tidak dapt dipahami dengan mudah oleh pembaca. Biarkan C(x)
menjadi sebuah fungsi yang menentukan kompleksitas x permasalahan yang di
rasakan, dan E(x)adalah fungsi yang menentukan usaha dalam waktu yang di
perlukan untuk memecahkan x malasalah. Utnuk dua masalah P1 dan P2.
Gambar 2.3.8
Gamabar 2.3.8
Gambar.2.3.9
Ø DEKOMPOSABILITAS MODULAR
Yaitu Design
sistem yang memberikan suatu mekanisme untuk melakukan dekomposis terhadap
maslah menjadi submaslah, maka metode design akan mengurangi kompleksitas
keseluruhan masalah sehingga dapat mencapai modular yang efektif.
Komposabilitas modular : Bila suatu metode design memungkinkan komponen
design untuk dipasang kedalam sebuah sistem baru.
Kemampuan pemahaman modular : Jiak
sebuah modular dapt di pahami sebagi unit yang terdiri dari tanpa referensi
dari modul lainmaka modul akan lebih mudah di bangun dan di ubah.
Ø KONTINUITAS MODULAR : Bila perubahan penting pada persyaratan sistem menyebabkan
perubahan kecil padamodul indifidu buakan merupakan perubahan sistem secara
luas. Maka pengaruh dari efek samping yang di sebabkan oleh perubahan dapat di
minimalkan.
PROTEKSI MODULAR : Bila
terjadi kondisi yang menyimpang pada modul, tersebut pengaruh dari efek samping
yang disebabkan oleh kesalahan akan di minimalkan.
2.3.10 ARSTEKTUR PERANGKAT LUNAK
Arstektur
perangkat lunak yaitu mencakup seluruh perangkat lunak dan cara di mana
struktur memeberika konseptuasi bagi suatu sistem. Dalam bentuk yang paling
sederhana, arstektur merupakn struktur hirarki dari komponen program ( modul).
Cara bagaimana komponentesebut untuk breaksi, dann struktur data yang di
gunakan oleh komponen. Secara lebih luas mayor dan interaksi mereka.
Gambar 2.3.11
Tujuan design sistem
perangkat lunak secara umum utnuk mendapat arstektural sebuah sistem. Gamabaran
tersebut berfungsi sebgai kerangka kerja yang dari sana aktifitas design yang
lebih detil di lakukan. Serangkaian laporan arstektural mungkin rekayasa
perangkat lunak untuk menggunakan kemabali konsep tingkat design.
-
Properti Struktural : Aspek representasi arstektur
ini menentukan komponen suatu sistem (misalnya modul, filter,objek) dan cara di
mana komponen-kompone tersebut di kemas dan berinteraksisatu dengan yang lain.
-
Property ekstra : Deskripsi
design arstektur harus menekankan pada bagaimana arstektur design memenuhi
persyaratan kinerja, kapasitas, reabilitas, keamanan, adabtabilitas, dan
karakteristik sistem yang lain.
-
Keluarga dari sistem yang
berhubungan : Design arstektur harusn menggunakan pola yang dapat di ulangi
yang umumnya di temukan dalam design dan keluarga sistem yang sama.
2.3.12 Hirarki control
Hirarki
control disebut juga stuktur program, mereprestasikan organisasi ( seringkali
secara hirarkis) komponen program (modul) mengimplikasikan suatu hirarki
control. Banyak notasi yang berbeda yng di gunakan untuk
memprestasikan hirarki control.
Hubungan control di antara
modul diekspresikan dengan cara berikut : modul yang mengontrol modul lain di
sebut superordinat.
2.3.13 PARTISI STRUKTURAL
Parstisi
program harus di pastisi baik secara horizontal maupun structural. Partisi
horizontal menentukan cabang terpisah dari hirarki modular untuk setiap fungsi
program mayor. Partisi arstektur secara horizontal ini memberikan keuntung
secara nyata yaitu :
a.
Mengahasilkan perangkat lunak
yang lebih mudah di uji.
b.
Membawa kepada perang kat lunak
yang lebih mudah di pelihara.
c.
Menghasilkan penyebaran efek
samping yang lebih sedikit.
d.
Menghasilkan perangkat lunak
yang lebih mudah untuk di perluas.
2.3.14 STRUKTUR DATA
Struktur
data adalah representasi dari hubungan logis antra elemen-elemen data
individual. Struktur data menentukan organisasi, metode akses, tingkat
asosiativitas, dan alternative pemrosesan untuk informasi. Struktur data yang
lain di gabungkan atau dikontruksi dengan menggunakan struktur dan fundamental
seperti yang di jelaskan , misalnya suatu struktur data hirarki di implementasi
dengan menggunakan data. Penting untuk di catat bahwa data struktur program,
dapat di presentasikan pada tingkat aptraksi yang berbeda.
2.3.15 PROSEDUR PERANGKAT LUNAK
Struktur
program hirarki control tanpa melihat urutan pemrosesan dank e putusan.
Prosedur perangkat lunak berfokus pada detil-detil pemrosesan dari
masing-masing modulsecara individual. Prosedur harus memberikan speksifikasi
yang teliti terhadap pemrosesan, mencakup urutan event, point-point keputusan
nyata, presentasi repetitive, dan bahkan organisasi/struktur data.
Gambar 2.3.15
2.4.1 MODEL DESIGN
Model
design prinsip dan konsep design, seperti piramik dengan suatu dasar luas pusat
grafitasi yang rendah. Seperti piramic yang kita inginkan menciptakan sebuah
design perangkat lunak yang stabil. Dengan membangun sebuah fondasi yang besar
dengan menggunakan design data, daerah tengah dengan design arstektur dan
interface. Dan suatu titik yang tajam dengan aplikasikan design procedural,
kita menciptaka dengan model yang mudah , di balik anger perubahan.
2.4.2 DOKUMENTASI DESIGN
Dokumen
yang di perlihatkan secara garis besar masing-masing paragraph di beri nomor
bagian yang mengacu pada online. Spesifikasinya banyak informasi yang di isikan
pada bagian yang di perlukan, tujuan untuk dapat hasilo yang lebih
speksifikasi, dan bisa di andalkan degan baik. Tujuannya agar pengguna dapat
memahami dengan jelas dan dapat cepat di mengerti oleh penggemar program bagi yang
mau ingin untuk belajar. Design ini sangt di b uat dengan bentuk handal, agar
pembuat program tidak cepat bosan degan bentuk yang telah ia citakan dan
membangkitkan selera bagi penggemarnnya.
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Desain system secara umum adalah untuk
memberikan gambaran secara umum kepada user tentang system yang baru. Desain
system secara umum merupakan persiapan dari desain terinci. Desain secara umum
mengidentifikasikan komponen-komponen system informasi yang akan di desain
secara rinci. Desain terinci dimaksudkan untuk pemogram computer dan ahli
teknik lainnya yang akan mengimplementasikan system.
3.2 SARAN
1.
Perlu informasi dalam menganalisis data.
2.
Mengingat desain sistem informasi dapat berguna dalam
kehidupan sehari hari.
3.
Saran dan kritik yang bersifat membangun dari dosen
pembimbing dan teman-teman yang sangat kami harapkan guna penyempurnaan makalh
berikut nya.
DAFTAR PUSTAKA
Rekayasa perangkat lunak
rpl.html http://pheebles.blogspot.com/2013/11/jenis
Perangkat Lunak dan fungsinya.htm
https://hendrawidiatmaja.wordpress.com/sejarah
perkembangan rekayasa
perangkat lunak/
kel5.blogspot.com/2008/11/pentingnya
Komentar
Posting Komentar